Selasa, 22 Juni 2010

selamat hari ayah, papa !

Kemarin dulu (20 Juni 2010) bertepatan dengan hari ayah, dan saya sempat lupa (lupa apa memang kagak tau ? hihi xp). Tadi sedikit membaca artikel tentang HARI AYAH ini, katanya, Hari Ayah diawali oleh kisah nyata keinginan seorang anak perempuan untuk menghormati sang ayah. Anak berbakti itu adalah Sonora Louise Smart Dodd dari Washington. Dialah yang dengan gigih memperjuangkan Hari Ayah untuk diperingati secara resmi untuk menghormati semua ayah.

Para sejarawan mencatat bahwa tradisi untuk merayakan Hari Ayah sudah ada bahkan ribuan tahun yang lalu. Studi mereka mengatakan bahwa 4.000 tahun lalu di Babael telah ada orang yang bernama Elmesu yang membuat ukiran pesan seorang ayah pada kartu tanah liat. Dalam pesannya Elmesu berharap ayahnya sehat dan berumur panjang. Tidak ada pengetahuan tentang apa yang terjadi dengan anak dan sang ayah, tapi diyakini bahwa hal ini juga yang mengilhami beberapa negara mempertahankan kebiasaan merayakan Hari Ayah. Tradisi merayakan Hari Ayah seperti yang terlihat masa ini adalah berasal dari abad terakhir. Walaupun ada beberapa orang yang dikaitkan dengan Hari Ayah, penghargaan terbesar adalah tertuju pada Sonora Louise Smart Dodd. Seorang anak perempuan kekanak-kanakan dari Spokane, Washington. Ms Dodd diakui sebagai pendiri atau pencetus festifal Hari Ayah.

Hari Ayah muncul dalam pikiran Sonora ketika ia kebetulan mendengar khotbah Hari Ibu pada tahun 1909. Ketika usianya menginjak 27 tahun, Sonora menyadari dan mulai mengakui kesulitan ayahnya saat membesarkan dirinya dan keenam saudaranya sendirian. Ketika Sonora berusia 16, ibunya meninggal saat melahirkan. Ayah Sonora adalah seorang veteran Perang Sipil dengan nama William Jackson Smart. Dia mempunyai enam anak-anak dan harus mengasuhnya sendirian, termasuk bayi yang ditinggalkan oleh istrinya. Sonora mempertanyakan bahwa jika ada hari untuk mengenali ibu, mengapa tidak ada hari untuk menghormati ayah?

Awalnya banyak orang tertawa atas ide Sonora. Namun dia tidak begitu peuli. Dia mulai kampanye untuk melobi agar diperingati Hari Ayah. Kerja kerasnya mulai menunjukkan tanda-tanda keberhasilan ketika Spokane merayakan Hari Ayah pertama pada 19 Juni 1910. Dengan dukungan dari Menteri Spokane maka diadakanlah acara festival (perayaan) Hari Ayah dengan sangat meriah. Untuk membayar kasih sayang yang telah diberikan sang ayah, Sonora berharap Hari Ayah akan dirayakan pada ayah ulang tahunnya pada tanggal 5 Juni, namun karena persiapannya butuh waktu, maka kemudian dirayakan pada hari Minggu ketiga di bulan Juni.

Ide mulia dari merayakan Hari Ayah menjadi sangat populer di AS. Begitu banyak yang ikut memperingatinya sehingga Presiden Woodrow Wilson menyetujui festival tahun 1916. Presiden Calvin Coolidge juga mendukung ide Hari Ayah. Puncaknya, Presiden Lyndon Johnson menyatakan secara resmi bahwa hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah pada tahun 1966. Kemudian pada tahun 1972, Presiden Richard Nixon menetapkan Hari Ayah diadakan pada hari Minggu ketiga bulan Juni.

Hari Ayah telah menjadi festival yang sangat populer. Seluruh dunia orang berterima kasih kepada ayah mereka dan membalas kasih sayang kepada mereka. Umumnya anak-anak memberikan hadiah pada Hari Ayah dalam bentuk kartu dan bunga kepada ayah mereka. Dasi juga merupakan hadiah populer yang sering dihadiahkan pada sang ayah.
jadi, selamat hari ayah, papa..semoga kelak saya bisa menghasilkan ayah-ayah kecil seperti papa. sekali lagi SELAMAT HARI AYAH, PAPA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan pesan :D