Selasa, 08 Juni 2010

INSISAL or ??

SNMPTN ?
Sekarang bertepatan tanggal 8 Juni, kurang lebih 1 minggu lagi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Artinya apa ? Pintu masuk ke sebuah universitas sudah di depan mata. Lantas cukupkah bekal anda hingga saat ini untuk melewati gerbang itu ? Silahkan teman-teman jawab dalam hati.

SNMPTN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dengan menggunakan soal yang sama atau setara dan diselenggarakan secara serentak. MENGGUNAKAN SOAL YANG SAMA ATAU SETARA, memang benar, namun perlu dingat bahwa saingan kita bukan 1 atau 2 orang, tapi jutaan orang dari asal sekolah yang berbeda, dari tingkat pengetahuan yang tidak merata, dan (mungkin) pengalaman kita yang tidak sama.

PENGALAMAN ?

Yahh, jangan salah. saat snmptn anda tidak hanya bertarung mendapatkan 1 kursi dengan teman-teman anda saat SMA, tapi juga dengan senior-senior anda. Senior-senior anda yang mungkin belum sempat lulus tahun kemarin atau senior-senior anda yang sudah lulus disebuah fakultas namun ingin mencoba lagi di fakultas lain.

ALASAN MENCOBA LAGI, apa yaa ?

Ketika beberapa orang yang sempat saya tanya, apa alasan ingin mencoba lagi, sebagian besar menjawab seperti ini :
(1) Sangat besar keinginan orang tua saya agar bisa berkuliah di fakultas A (dengan berbagai macam alasan)
(2) Ini bukan cita-cita saya, fakultas yang saat ini saya tempati adalah pilihan ke-2 saya saat snmptn kemarin.
(3) Mau coba-coba saja (ternyata tidak hanya pecandu narkoba saja yah yang sering kita dengar jawabannya adalah 'coba-coba', tapi juga peserta snmptn, hehe)

Sebenarnya, apa inti dari notes ini ? Kami masih ingin teman-teman ada disini, masih ingin bersama teman-teman, masih ingin berbaur, masih ingin merasakan dan menikmati suasana kebersamaan yang kita jalin saat bina akrab, masa-masa susah saat sosialisasi almamater dan follow up, masa-masa dimana kita harus pulang malam dan mendapat omelan dari orang tua masing-masing demi mengurus inaugurasi, masa-masa ujian dimana kita senagkatan remed bersama (baca : biomedik) haha *jelle'na kasusna*, dan masa-masa foto angkatan yang didalam ruangan berasa oven, indahkan saat keringat-keringat kita bercampur dalam 1 ruangan ? (haha, indah ?RANTASA' iya). Tapi itu semua hanya akan menjadi cerita ketika teman-teman pergi. Namun apapun keputusan teman-teman, apapun pilihan yang teman-teman ambil, semoga itu adalah yang terbaik buat teman-teman. Kami masih selalu disini, menunggu teman-teman kembali.

1 pesan kami untuk semua teman-teman yang berencana SNMPTN lagi : semoga sukses. sebaik-baiknya teman kembali adalah teman angkatan.

SALAM INSISAL ! INSISAAAAAAL ? INSISAL, lihat dari bawah, lihat dari atas, dua ribu seeeembilaan, ef ka ge didadaku, insisal kontak antagooonisnyaa *prokkk : suara tepuk tangan

24 komentar:

  1. kupikir persaudaraan itu lahir bukan karena kesamaan tempat kuliah..
    sy juga pernah bilang ke teman2 yang mau pindah kuliah "ahhh.. segitunya kebersamaannya? katanya mau jadi teman sejawat seumur hidup.."
    tapi setelah dipikir-pikir, betapa kanak-kanaknya kita kalau mau membatasi cita-cita orang lain...
    tapi memang berat pasti rasanya melepaskan teman-teman seperjuangan..

    BalasHapus
  2. masih ada temanta' yang mau pindah ?sudah di FK, mau pindah kemana lagi ?Katanya hidup itu pilihan, terserah mereka mau kemana setelah ini, semoga itu pilihan yang terbaik bagi mereka dan bagi yang ditinggalkan.
    beratt. sangat !

    BalasHapus
  3. masih banyak nahhh... dulu, temanku ada yang pindah ke STAN. ada juga yang pindah ke farmasi, ada juga yang lari ke hukum. bahkan sampai sekarang ada temanku yang menghilang tak pernah masuk kuliah tanpa ada alasan yang jelas...

    semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan.aminn. (jiahhh... kaya' orang meninggal sajaa)

    BalasHapus
  4. kalau pindah ke stan yah memang biasaji didengar kayaknya kak, pindah ke farmasi ?pindah ke hukum ?teman2ku malah yang dari sana mau smw pindah ke ke FK, hehe. Apa kah bagusnya FK ? :p

    amiinn..

    BalasHapus
  5. nda percaya iniee... ada nah, tanyamq teman2 angkatanku. ada namanya agus faisal abdullah pindah ke farmasi (ini anak memang ada yang salah dengan hidupnya kaya'nya, soalnya terakhir sy dengar dia pindah lagi k ekonomi), trus ada namanya gyan gilland yg pindah k farmasi, trus ada juga namanya indra yg pindah ke STAN,ada juga si damalnus bunga dan anis wisudawan yg nda prnah datang kuliah dan tak jelas rimbanya (ini dua orang teman solmate ku lagi pas Sosialisasi almamater. di mana kalian?)

    apa bagusnya FK dii? nda tau juga.. tanya ki bede temanta..

    BalasHapus
  6. siapa yang dak percayaki ?dipercaya ji kak. Hmm,backpacker kayaknya itu temanta si agus di' ? hehe :p, eh knapa blogku di kasih jadi tempat pencarian orang, pakai pajak kak, hehe :p (bercanda)

    Ndak adaji bagusnya kak, kita sendiri dak bisa jawab, atau terlalu banyak bagusnya ? :D

    BalasHapus
  7. Temanku agus yg mana? backpacker?

    sorryy.. soalnya banyak teman2 ta anak2 K bela..
    mau dibayar berapa kah?( cieee.. sombong..)

    BalasHapus
  8. Masya Allah kak, kita sendiri yang cerita tentang agus, agus faisal abdullah. maksudku backpacker, karena dia keliling2i fakultas (FK, Farmasi, Eko).
    Begitu om.. mengerti mki ? hehe :p

    ih, sombong..
    jadi ingatka' cerita tentang kak Irga, katanya dia lebih dikenal dengan status ketua bemnya, dari pada namanya sendiri, hehe. (dak nyambung di', kak ?)

    BalasHapus
  9. owww... mungkin mi... sekali-kali mau ja juga dehh diajak sm si agus ini, jadi backpacker. tapi kalo keliling unhas ji nda seru, coba keliling indonesia..

    itu juga kak irga keterlaluan sekali bela.. masa bede dulu waktu masih jd ketua BEM, kalo kenalan sm orang, lebih dulu dy sebut status ketua BEM nya dibanding namanya sendiri.. ckckckck

    BalasHapus
  10. samaki kak yuda, dia juga mau, tapi bukan keliling indonesia, keliling dunia, naik sepeda, hehe.. Asik kayaknya, tapi deh..

    Hehe, untung dak jadi penerus nya jki..

    BalasHapus
  11. owww.. Yudha mau jadi backpaker kah? suruh mi sm2 sy. sy sm teman2 rencana mau backpacking.. (yg realistis2 saja dulu.. minimal sumatera dulu lahh.. tahap awal).
    pulang KKN, habis bulan puasa, sy sm teman2 berangkat..
    asikk ji memang (kaya'nya).. tapi kenapa?

    BalasHapus
  12. iee, dia juga mau. nanti saya tanyakan ki, atau kt tanya sendiri mi ?Kapan ki KKN ?1 juli ini juga kak ?deh, mauka juga KKN, hehe..
    Berarti sekitar september, kak ?
    tapi dak tauka' naik sepeda(kampungan ku di'? :D) dan pasti capek..

    BalasHapus
  13. iyyaa.. rencananya sih begitu..
    masih panjang perjalananmu tifah, belajar ko dl dek.. baru pikir KKN (sy kedengaran kaya' tua sekali mii saja. hahaha)

    jiaahh.. nda tau naik sepeda? ckckckck...

    BalasHapus
  14. haha, iee masih panjang skali memang iyya. :D

    deh, pacallanya..
    hikss :(

    BalasHapus
  15. masih banyak blok dan lab yang harus dilewati..
    masih harus urus lemabaga juga...(insya Allah...)

    soalnya keterlaluan sekali kalo ada anak zaman sekarang tidak tau naik sepeda. (atau jangan2 waktu kecilnya langsung belajar bawa mobil di?)
    ckckck

    BalasHapus
  16. urus lembaga ?hehe :=)
    sekarang itu yang lagi sibuk dibicarakan kak,tentang regulasi kepengurusan, dengan sistem pendidikan yang berbeda (08,09 menggunakan sistem blok, selesainya kan bisa 3 tahun)sementara selama ini kan lembaga diurus oleh mahasiswa nanti di tahun ke4. Harus tinggal 1 tahun nganggur untuk urus lembaga ?Hmm, saya rasa kita juga punya tanggungjawab pd orangtua.

    Tau jka naik sepeda kak, tapi sepeda yang roda 3,hehe..(dak bahagia skali kayaknya masa kecilku). Kt tau ki naik sepeda ?

    BalasHapus
  17. ini juga jadi perdebatan di FK setiap tahun menjelang regenerasi. memang susah kalo dengan sistem perkuliahan yang serba cepat, kita masih mempertahankan pola lama. lembaga harus mampu beradaptasi secara cepat dan kreatif terhadap segala perubahan akademik.
    namun di sisi lain, pertanyaan lain muncul, apakah waktu 2 tahun itu cukup untuk mempersiapkan orang untuk mampu memegang kunci kepemimpinan di lembaga? apa tidak prematur? kuncinya sekali lagi ada pada cara kita beradaptasi dan mempersiapkan orang dengan cepat.

    taujaa.. :P

    BalasHapus
  18. Iee, sepakat.
    Tapi untuk saat ini (mungkin) memang harus ada 1 angkatan yang tidak memegang lembaga, entah BEM atau komisariat kalau harus beradaptasi dengan sistem pendidikan yang berlaku di fkg saat ini.

    Tawwa jagonya, tapi pasti dak pernah pki bw helikopter kt toh ?

    BalasHapus
  19. yahhh.. kalo itu jalan keluarnya, mungkin bisa dicoba. sekali lagi, jawabannya terletak pada apakah kita sudah cukup mampu untuk mempersiapkan regenerasi yang secepat itu? (sy kira ifah (ehh.. tifah) yang lebih tau)

    pernah ja bawa helikopter, :P
    tapi helikopter mainan!!

    BalasHapus
  20. Bisa dicoba ?hehe, untuk lembaga kok pakai coba2 (ala iklan minyak telon bayi), hehe..
    Hmm,apapun nanti keputusannya, semoga adalah keputusan yang terbaik. Kasihan skli mmng kakak2 kodong, dilemaki, hehe

    Ifah ?iee ji kak len :P

    Melucuki itu ?hehe..

    BalasHapus
  21. ahahahahahaa
    bukannya di pengkaderan orang dibilangi jangan takut untuk mencoba-coba?

    kak len (nama dari mana itu?)hehehe
    berusaha melucu de. nda berhasil ya?

    BalasHapus
  22. He ?tidurka mungkin waktu pengkaderanka', dak ada kudengar bgitu, hehe..

    Dari mana di' ?cuma beberapa kali kubaca ada yang panggilki len, apakah itu kak ? hehee..Namata' toh ?

    Behasil..selamat kak, anada mendapatkan piring cantik. hehe..

    BalasHapus
  23. deehhh.. tidur pas pengkaderan? sssttt... nanti ada pengurus BEM yang baca..
    coa tanya bede sama teman sebelah duduk ta pas pengkaderan, siapa tau dia dengar. hehehe
    siapa yg panggil len? itu panggilan berapa teman-teman sma jii..

    mana mi piring cantiknya? siniii..

    BalasHapus
  24. Ie, klo bukan tidur,mungkin sengaja tutup telinga, karena ribut sekali belah itu senior berteriak2,dak tau yang mana mau didengar,kak..

    Mungkin mi,klo tdk salah kubaca dulu di wall ato distatusta'..

    Piring cantiknya ada disini, ksini mki :P

    BalasHapus

silahkan meninggalkan pesan :D